Pages

Saturday, June 19, 2010

Keajaiban Alam Dunia

Keajaiban alam adalah lingkungan atau tempat yang mengalami perubahan akibat adanya proses endogen atau eksogen yang menyebabkan "keunikan" yang terjadi pada suatu tempat tersebut dan juga bisa terjadi secara "sendiri" atau langsung sudah berbentuk begitu.
ok, langsung...... 

1. Ngarai Sianok (Bukittinggi - Indonesia)
pernahkah kailan menyangka bahwa terdapat keajaiban alam terkenal yang terletak di Indonesia? ini dia,

2. Air terjun Niagara/Niagara Falls (Canada)
Di tanah kelahiran seorang top artist bernama Justin Drew Bieber juga terdapat salah satu keajaiban alam yang sangat terkenal. Yaitu Niagara Falls.

3. Mount Everest (Perbatasan Nepal dan Tibet)
Gunung ini terkenal karena tingginya mencapai kurang lebih 8.888 m dpl.
Gunung ini merupakan gunung tertinggi di dunia, namun ada gunung yang lebih tinggi jika diukur dari bawah permukaan laut. yaitu Mauna Kea yang terletak di Hawaii yang tingginya 10.203 m dari bawah laut. jika dari permukaan laut, hanya 4.025 m.

4. Gurun Sahara (Afrika)
Gurun Sahara adalah gurun yang paling terkenal diantara semua gurun dan merupakan gurun terluas di dunia.

5. Antartika 
Kalian semua pasti sudah tak asing dengan nama ini. Yep, menurut orang-orang, Antartika adalah tempat yang sangat dingin. Karena Antartika memang benua terdingin di dunia. Tidak hanya temperaturnya yang sangat rendah. Tetapi ada satu "keunikan" di sana. Gunung Es yang terlihat kecil/rendah di atas permukaan laut, namun liat saja secara keseluruhan. Lihat gambar di bawah.



6. Gravity Hill/Magnetic Hill (India)
Pernah dengarkah kalian tentang Gravity Hill?? Gravity Hill adalah bukit di India yang menantang gravitasi bumi. Jika kalian berdiri di tanah yang miring, pasti jatuh kan? tetapi tidak untuk tempat ini, kalian bisa mudah berjalan di lerengnya dan mobil yang off-pun bisa bergerak naik. Woow!! Sungguh mengagumkan bukan? Here the picture.


7. Air Terjun Angel/Angel Falls (Venezuela)
Taukah kalian film kartun berjudul Up? di film tersebut diceritakan seseorang yang bermimpi mempunyai rumah di Angel Falls yang merupakan tempat yang penuh keindahan dan tidak semua orang dapat ke sana. ya. Angel Falls adalah air terjun yang tingginya mencapai 979 m (3.212 kaki). Ditemukan secara resmi oleh James Crawford Angel, seorang penerbang asal Amerika.

8. The Wave (Arizona)
Di perbatasan Arizona dan tempat tinggal David James Archuleta (Utah, Amerika Serikat) terdapat tempat yang sangat menakjubkan! The Wave adalah bukit pasir berusia 190 tahun yang berubah menjadi batuan merah.


9. Grand Canyon (Arizona - USA)
Pernah dengar kan yang namanya Grand Canyon? Yep, Grand Canyon adalah jurang tebing-terjal bekas sungai Colorado yang lebarnya 6 - 29 km, panjang 446 km dan dalamnya lebih dari 1.600 m. Sungai itu berusia hampir 2000 tahun. 

10. Great Blue Hole (Belize)
Jika luar angkasa mempunyai black hole, di Bumi juga punya, namun bukan black hole, tapi blue hole. Blue hole disebabkan karena dasar lautnya sangat dalam daripada di sekitarnya (terletak di antara perairan dangkal). Maka, jika terlihat dari langit, akan terlihat seperti biji mata di laut yang berwarna biru. kedalamannya sekitar 146 m. Para penyelam suka tempat ini, karena banyak gua yang ada di lereng blue hole. Namun sekarang menjadi tempat berbahaya karena banyak penyelam yang kecelakaan ketika menyelami gua-gua Blue Hole.

11. Hell Gate (Uzbekistan)
Hell Gate, hmm..... tahu artinya kan? yep. artinya adalah gerbang neraka dunia. disebut begitu karena lubang ini sangat panas dan mengandung banyak gas beracun. Hal ini terjadi karena ada seorang geolog mengebor, lalu ditemukan gua bawah tanah yang menakjubkan. karena takut akan gas yang berbahaya, mereka menyalakan api agar tidak ada lagi gas beracun. Namun bukan gas yang habis, melainkan api itu terus menyala-nyala hingga sekarang.

12. Raja Ampat Papua (Indonesia)
Nah... ada lagi keajaiban alam yang ada di Indonesia. Tepatnya di Papua.
merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop)Pulau Papua. Para penyelam tertarik untuk menyelam di daerah sini karena pemandangan bawah lautnya yang bagus.

13. Wave Rock (Australia)
Tak hanya Arizona yang mempunyai "Wave", Australia juga punya. Bentuknya seperti ombak besar namun terbuat dari batu.

14. Giant Causeway (Irlandia)
Bentuknya seperti susunan tiang bangunan. bentunya ada yang bersudut lima, enam, tujuh, atau delapan. Unik kan? hal ini terbentuk karena letusan gunung berapi ribuan tahun yang lalu. sekitar ada 40.000-an, tingginya yang paling tinggi sekitar 12 sentimeter. Tersusun rapi membentuk bukit kecil setinggi 
28 m. 

Dan masih banyak lagi keajaiban-keajaiban alam lainnya yang tidak terhitung.
yaitu :

-Antelope Canyon (Arizona)
-Crystal Cave of the Giants (Mexico)
-Eye of the Sahara (Mauritania)
-Blue Lake Cave (Brazil)
-Chocolate Hills (Philippines)
-Montblanc (France-Suisse)
-dll.


ya, itulah tanda kebesaran Allah SWT yang harus kita percayai. tidak ada satupun makhluq yang bisa membuat keajaiban di alam semesta ini kecuali Dia, Allah SWT. Yang bisa kita lakukan hanyalah menjaganya. Marilah kita melestarikan apa yang diciptakan Allah SWT. :) :D



0 comments:

Post a Comment