Pages

Tuesday, January 19, 2010

Tips Menghadapi UJIAN

Ujian?? Hiiiii!! Yep, itulah kata2 yang dilontarkan sebagian murid jika mau ujian. Rasa takut dapet nilai jeleklah yang membuat mereka seperti itu, atau ya takut ngga bisa ngerjain. 
ini ada sedikit tips buat ngadepin ujian, ok read slowly!

1. Belajar Kelompok. dengan belajar kelompok kita bisa membahas soal dengan teman-teman kita. jadi kalo jawaban kita salah, ada yang mbenerin dan jawaban itu bisa dibuat belajar.
 

2. Rajin Membuat Catatan Intisari Pelajaran. istilah gaulnya adalah membuat rangkuman. dengan buat rangkuman, kita ngga perlu capek-capek baca buku yang tebel gilak! buat belajar. cukup dengan beberapa helai kertas kita bisa belajar semuanya. inget SPJ. Singkat Padat Jelas. hehehe :D

3. Membuat Perencanaan Yang Baik. Maksudnya kita buat semacam komitmen atau perjanjian. yaitu kita harus dapet nilai bagus disaat ujian. dapet rank bagus.. gitu maksudnya..

4. Disiplin Dalam Belajar. haha..... ini adalah kalimat yang sering diucap namun sering juga dilanggar. yayaya.. namanya saja anak-anak.. pasti cepet bosen, mau disiplin? baca tips agar betah belajar di postingan selanjutnya. ngga cuma itu, kita pasang target, misalnya berapa jam sehari, itu juga cukup membantu kok


5. Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya.harus berani bertanya kalo belum jelas.. ntar tersesat waktu ujian, kita juga harus tanggap ditanya. maksudnya kalo ditanya harus jawab yang bener, alias ngga ngawur!

6. Belajar Dengan Serius dan Tekun.

7. Hindari Belajar Berlebihan. ngga boleh, soalnya otak kita butuh istirahat (sebenarnya otak gapernah istirahat selain tidur lelap) ato biar ga pusing.. ngga boleh belajar malem2!! kalo pagi ngga papa, belajar di pagi hari akan membuat semakin ingat/hafal..

8. Jujur Dalam Mengerjakan Ulangan Dan Ujian. nyontek? ngerepek?(yaitu liat buku waktu ujian) NGGA BOLEEH!!!! walau bagaimanapun tetep ngga boleh, biarpun soalnya susah, mbulet, kita harus berusaha semampu kita. harus JUJUR. yeah....!!!




yep. ini cara2 menghadapi ujian, semoga bermanfaat :D 
so, ga takut ngadepin ujian lagi kan? semoga.... :D



0 comments:

Post a Comment